Kurang Tepat Membandingkan Distro Linux

Posted: December 20, 2008 at 09:32:11 by Dani Iswara. Words count: 231.
Last updated: October 9, 2009 at 22:03:47.

Dani Iswara .Net ingin mengomentari tulisan yang membandingkan antar distribusi (distro) Linux. Beberapa diantaranya kurang pas untuk dipertemukan 'apel versus apel'. Dengan catatan, mesin yang digunakan memiliki spesifikasi serupa. Tanpa menyebut distro, perbandingan berikut ini terasa kurang adil. Membandingkan antar distro Linux menurut:
  • Kecepatan. Karena bisa tergantung juga pada
    • Pengaturan ('tweak') kernel terhadap perangkat & fungsinya.
    • Aplikasi yang dijalankan saat 'start-up'.
    • Lingkungan/pengelola desktop ('desktop environment/manager') & 'window manager' yang digunakan.
  • Keindahan tampilan antarmuka grafis. Pada dasarnya dapat dikustomisasi kemudian.
  • Kemampuan multimedia langsung pakai ('out of the box') & aplikasi komersil lain. Karena memang filosofi suatu distro yang berkomitmen hanya memaketkan perangkat lunak 'open source' (PLOS) saja. Kelengkapan fungsi multimedia & aplikasi komersil dapat dipasang kemudian. Sesuai tanggung jawab pengguna masing-masing akan lisensi paket komersil.
Lainnya membandingkan menurut:
  • Deteksi penggerak ('driver'). Selain alasan filosofi dan lisensi (seperti di atas), umumnya (kompilasi) kernel terkini memiliki deteksi perangkat keras yang lebih baik.
  • Jumlah paket aplikasi (tanpa menyebut binari). Bukankah semua paket aplikasi PLOS masing-masing distro dapat dipasang dari kode sumber?
  • Lama waktu proses kompilasi perangkat lunak antara
    • sistem 'port' vs bukan 'port',
    • paket binari vs kode sumber.
  • Kestabilan sistem (dimutakhirkan 22 Januari 2009). Selain tergantung kemampuan penggunanya/administrator, pemilihan sistem operasi atau paket/aplikasi stabil tentu tidak harus sistem operasi atau paket/aplikasi terbaru. Distro lama yang masih didukung pengembangannya oleh vendor sepertinya masih cukup disebut stabil dan laik pakai.
  • Keamanan sistem (dimutakhirkan 22 Januari 2009). Pemutakhiran ('update'/'upgrade') sistem operasi atau hanya paket/aplikasi tidak selalu harus versi terkini ('bleeding edge'). Terutama jika sudah tersedia tambalan ('patch') keamanannya untuk versi yang lama.
Apa lagi ya.. Just unessential weblog
Dani Iswara, mail me: [myfirstnamelastname]@gmail.com.

You are free to share (copy, distribute, transmit) & adapt this blog post under the similar license (Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported; CCA-NC-SA 3.0 Unported). Please put these links on your copy:
Taken from: Kurang Tepat Membandingkan Distro Linux by Dani Iswara.

Unimportant Related/Random Posts

You may also read list of most popular posts and most popular tags of Dani Iswara .Net.

56 Responses to post titled: Kurang Tepat Membandingkan Distro Linux

  1. Comment by arielz on December 27, 2008 at 11:59:30
    using Firefox 3.0.4 on Ubuntu 8.10

    emang benar dok, tidak pada tempatnya membandingkan masing2 distro linux. karena emang semua bisa didapat dari source-nya. untuk seorang geek, mengcustom linux sesuai keinginan bukan masalah besar. tapi bagaimana dengan newbie? tetep harus ada panduan atau perbandingan untuk memilih salah satu distro sesuai kebutuhan agar tetap bisa bertahan untuk memakai linux.

  2. Comment by ivan on December 27, 2008 at 15:01:36
    using Firefox 3.0.5 on Windows XP

    kalau membandingkan distro banyak faktor selera yang bakal terlibat, yang bagus buat si A belum tentu bagus buat si B kan.
    tapi sah sah aja asalkan hasil akhirnya bukan "distro yang terbaik" atau "distro yang terhebat" tapi sekedar benchmarking berdasarkan kebutuhan pengguna kali ya

  3. Comment by dani iswara on December 27, 2008 at 18:28:55
    using Blazer 4.0 on Palm

    - arielz:
    kl yg dibandingin setara rpm vs rpm mungkin masi bisa, gnome vs gnome, apt-get vs apt-get, dan kl bs jgn ngejelek2in distro lain..kadang eh sering mungkin bias krn berat sebelah tgt distro yg dipake penganjur :)

    - ivan:
    kl malah perang distro, saya yg pemula malah bingung & kehilangan simpati je..ternyata org2 linux fanatik gitu ya..mirip2 agama ato aliran tertentu gitu jdnya :)

  4. Comment by garnieri on December 27, 2008 at 22:30:57
    using Opera 9.61 on Windows XP

    saya sendiri juga sempat gonta-ganti distro. Tapi sekarang mandek-nya di archlinux+windows(dualboot). Menurut saya, pemilihan distro tergantung dari kebutuhan user. Kalau buat yang baru aj kenal linux, ndak mungkin dikasih slackware :p. Saya sendiri memilih dualboot, tentu saja untuk saling menutupi kekurangan masing-masing :)

  5. Comment by dani on December 27, 2008 at 23:42:37
    using Elinks on GNU/Linux

    - garnieri:
    sama mas megan, saya jg dual boot, kl bisa sekalian ama mac, bsd, open solaris jg gpp :) tp ada jg mas yg 'pemula' tp terpaksa make sejenis slackware, kayak temen2 mas di kuliahan itu.. :)

  6. Comment by masciput on December 28, 2008 at 10:22:10
    using Firefox 2.0.0.11 on Windows XP

    nggak membanding-bandingkan, tapi setelah aku coba satu persatu, yang akhiran tu kayaknya lebih asyik!

  7. Comment by Dani Iswara on December 28, 2008 at 13:26:13
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - masciput:
    setelah dicoba-coba, ternyata masing2 distro memang punya kekhasan (kl ngga bs dibilang kelebihan-kekurangan) sendiri2 :) dan memang individual kepuasannya :D

  8. Comment by Guh on December 29, 2008 at 12:39:39
    using Firefox 3.0.5 on Ubuntu 8.04

    Saya coba beberapa yang lain setelah membaca "tulisan perbandingan", akhirnya balik lagi ke ubuntu. Di ubuntu sendiri sempat coba intrepid, eh akhirnya masih balik lagi ke hardy heron karena masalah driver nvidia.

    Setiap distro itu unik, memilihnya seperti milih pacar. Pada akhirnya perbandingan yang dibuat orang lain tidak akan banyak berguna. Maksimal cuma jadi provokasi untuk "selingkuh" dan mencoba yang baru. Kalau betah setia, kalau tidak ya balik ke yang lama.

  9. Comment by dani on December 29, 2008 at 12:49:00
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - Guh:
    biasanya kejadian cinta lama bersemi kembali ya.. ♥

  10. Comment by aditya on December 29, 2008 at 13:40:33
    using Firefox 3.0.5 on Fedora 10

    kalo menurut sy, gak masalah sih orang membandingkan distro, selama masih dalam semangat untuk mengidentifikasi distro yg mana sih yg cocok untuk kebutuhan masing2 individu/organisasi

  11. Comment by dani on December 29, 2008 at 16:19:26
    using Opera 10.00 on GNU/Linux

    - aditya:
    iya sih mas..asal apple to apple aja..dan jgn terlalu bias.. :)

  12. Comment by norjik on December 29, 2008 at 22:56:25
    using Firefox 3.0.5 on Ubuntu 8.10

    memperdebatkan Distro A vs Distro B ibarat memperdebatkan Agama A dan Agama B :d, gk akan ktmu .. krn masing2 org punya tingkat kebutuhan ...dan utamanya selera yg berbeda. Untuk pemula macem saya, kmrn saya tentukan ke UBUNTU krn alasan simple yaitu krn pengguna UBUNTU lbh banyak ktimbang distro lain makanya saya pakai UBUNTU dg harapan banyak yg bisa support kalau kesulitan :d

  13. Comment by Dani Iswara on December 29, 2008 at 23:16:37
    using Konqueror 4.1 on GNU/Linux

    - norjik:
    saya pribadi krg setuju kl satu distro linux dikatakan hanya cocok buat pemula dan distro lainnya hanya buat geeks, pak :)

  14. Comment by Suwito on December 30, 2008 at 11:31:00
    using Firefox 3.0.5 on Ubuntu 8.10

    Benar skali mas,
    Udah bukan jamannya mempeributkan distro Linux.
    Ibaratnya seperti membandingkan MegaPro dengan Tiger.
    Wong sama-sama Honda kok.
    Semuanya kembali kekebutuhan siapa yang make.

    *ups, maaf telah menyebutkan merek, bukan promosi loh yah... heheheheh

  15. Comment by Dani Iswara on December 30, 2008 at 12:19:48
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - Suwito:
    apalg kl akur kayak multi release party temen2 di makassar :)

  16. Comment by andi felani on December 31, 2008 at 05:37:54
    using Firefox 3.0.5 on Ubuntu 8.10

    setuju kang, jangan membandingkan..
    apalagi membandingkan tampilan, masalahnya tampilan bisa kita rubah sendiri, tergantung kreatif si pemakainya

  17. Comment by dani on December 31, 2008 at 19:34:42
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - andi felani:
    batasnya ya pemakai itu sendiri.. :) kl yg ngebandingin pernah lama make masing2 distro mungkin jd terasa agak objektif utk bbrp aspek..krn ngga semuanya bs dibandingin scr setara..cmiiw ya

  18. Comment by made on December 31, 2008 at 20:43:57
    using Konqueror 3.5 on Gentoo

    minjem inet..

    lainnya misalnya ngebandingin masalah stabil dan secure..kl di keluarga BSD, yg secure by default itu openBSD..kl di linux apa ya..stabil dan secure kan jg tgt setelan admin/penggunanya

    lainnya lg mungkin ada yg ngebandingin distro utk general (desktop & server) vs distro utk desktop by default, padahal distro yg dimaksud memiliki edisi server terpisah :D

  19. Comment by Ijang on December 31, 2008 at 23:41:56
    using Firefox 3.0.5 on Windows Vista

    Jadi penge pake linux, udah lama pengen tapi belum kesampean juga

  20. Comment by dani on January 1, 2009 at 04:26:27
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - Ijang:
    bole dicoba livecd/dvd dl om dok, ato dual (ato lbh) boot aja barengan windows + linux :)

  21. Comment by heri on January 1, 2009 at 09:12:47
    using Firefox 3.0.4 on Windows XP

    wah baru bisa berkunjung kesini dokter :)

    kalo saya sih sementara pake linux untuk kepentingan pribadi .. dan ngajarin teman2

    distro yang saya suka adalah yang kecil dan applikasinya lengkap.. kayak Puppy LInux -- turunannya yang lebih keren ada Macpup Namanya :)

    http://hmcahyo.wordpress.com/2008/11/30/macpup-linux-rasa-machintos/

    itu review singkat saya :D

    met thn baru - moga tambah produktif :)

  22. Comment by Dani Iswara on January 1, 2009 at 13:09:36
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - made:
    eh iya itu juga desktop vs server
    kl stabil dan secure sptnya lbh tgt kemampuan admin/pengguna masing2
    setuju utk yg openBSD :)

    - heri:
    halo pak, saya jg cuman icip2 linux kok..newbee abis pokoknya..kapan2 saya baca review-nya :)

  23. Comment by ammadis on January 1, 2009 at 17:17:44
    using Firefox 3.0.5 on Windows XP

    Aku benar2 blank soal begini...
    Tapi kalo ada yg sistem dual boot (window & Linux) barengan...menarik juga...blon pernah mencoba....

    Belajar lagi deh....

  24. Comment by endar on January 1, 2009 at 21:58:53
    using Firefox 3.0.4 on Ubuntu 8.10

    sebagi newbie belum bisa membandingkan soalnya baru nyoba satu dirasa pas dan nggak bisa pindah ke lain hati

  25. Comment by angga erlangga on January 2, 2009 at 07:30:10
    using Firefox 2.0.0.20 on Windows XP

    Happy New Year 2009
    Semoga makin jayaa... (walah?!)

    Salam kenaall... ;)

  26. Comment by Yudha on January 2, 2009 at 11:10:44
    using Firefox 2.0.0.17 on Windows XP

    Klo saya sih membandingkan tidak dari sisi enggine ato tampilan :)
    Tapi membandingkan dengan parameter utama," jika saya mengajar kepada orang lain gampang ato enggak yah ? "
    Sebagai pengembag sistem pada suatu saat saya harus mengajarkan pada orang lain. jadi yang di lihat lebih ke berguna atau tidak sebuah sistem/OS jika kita pakai :)

  27. Comment by Dani Iswara on January 2, 2009 at 17:38:55
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - ammadis:
    ayo dicoba..dicoba..dipilih..dipilih..

    - endar:
    syukurlah kl memang tipe setia :)

  28. Comment by Dani Iswara on January 2, 2009 at 17:45:23
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - Yudha:
    sori moderasi kang..
    sesuaikan dgn kebutuhan ya kang..
    atau akan lbh usable jika sempat menggunakan semua sistem operasi, kan jd lbh support semuanya :) lahan lbh banyak :D
    ngomong2 admin BSD lbh mahal drpd admin linux ya..cmiiw

  29. Comment by ghozan on January 3, 2009 at 19:51:09
    using Firefox 3.0.5 on Windows Vista

    selamat tahun baru 2009 ya dani... semoga sukses dan tercapai cita2nya...

  30. Comment by Yudha on January 5, 2009 at 09:07:25
    using Firefox 2.0.0.17 on Windows XP

    Klo sesuai dengan kebutuhan justru lahannya menyempit deh :d

    afaik,
    ADmin BSD = bisa unix = di pakai perusahaan gede = mahal :))

  31. Comment by Dani on January 5, 2009 at 22:59:01
    using Openwave Mobile Browser 6.2.2.1.c.1.102 on Nokia

    - Yudha: ooo gitu ya kang :)

  32. Comment by sapimoto on January 6, 2009 at 12:12:22
    using Firefox 3.0.5 on Windows XP

    Saya setuju dengan beberapa komentar diatas, lebih kepada kebutuhan pengguna atau end user. Lha kalau model yang canggih dan rumit dengan kemampuan seabrek tapi tidak pernah digunakan, kan sama aja bohong.
    Tapi terus terang, sebagai seorang pemula dalam dunia teknologi, saya kadang mumet juga pake linux, atau mungkin karena sudah terbiasa pake windows? Entahlah...

  33. Comment by Dani Iswara on January 6, 2009 at 12:38:51
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - sapimoto:
    entah jg kl nanti para siswa dikenalkan linux dl trus br windows atau mac, gemana ya komennya... :)

  34. Comment by fxekobudi on January 6, 2009 at 18:06:40
    using Firefox 3.0.5 on Ubuntu 8.04

    Kalau dilihat dari mayoritas profesi penggunanya kira-kira bisa ngga ya Mas :D

  35. Comment by a! on January 6, 2009 at 23:45:06
    using Firefox 3.0.5 on Windows XP

    hmm, tema ginian aku ga ngerti apa-apa nok. lha wong mau pake ubuntu aja ga bisa2. :((

  36. Comment by dani on January 7, 2009 at 06:51:59
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - fxekobudi:
    bisa..mas eko, mis. blogger lbh banyak pake windows xp, linux-nya ubuntu [statistik blog ini]
    kl profesinya administrator jaringan, nah itu bs lbh rame lg 'perang'-nya sesuai 'aliran/agama' masing2 :D

  37. Comment by dani on January 7, 2009 at 06:56:26
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - a!:
    mungkin kapan2 blogger (bali) bs kerja sama dg komunitas linux (balinux; mas adi - ex3me dot org dkk) setempat, bos :D

  38. Comment by w@y on January 10, 2009 at 18:28:48
    using Opera 9.63 on Windows XP

    Memang nggak etis ngebandingin distro2 yang ada
    Berdasarkan pengamatan aku, para pemula biasanya terdoktrin sesuai dengan distro pertama yang mereka pegang
    Kalaupun ada yang mencoba2 distro lain, kebanyakan bakal balik lagi ke distro awal
    Jadi kesan pertama itu tampaknya men-judge bahwa itulah distro terbaik

  39. Comment by dani on January 10, 2009 at 19:23:30
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - w@y:
    ala CLBK :)
    ibarat juri, peserta pertama jd pembanding

  40. Comment by memulai bisnis online on January 12, 2009 at 17:00:11
    using Firefox 3.0.5 on Windows Vista

    Wah apa ya? Dulu sih make Redhat aja, yang laen kurang tahu juga gimana. Tapi sekarang dah ga make linux lagi, dah ga keburu blajar2nya, pingin yang cepet klak klik aja :D

  41. Comment by ika on January 12, 2009 at 20:00:39
    using Internet Explorer 7.0 on Windows XP

    salam kenal..
    ik taunya blog ini dari bang deni pradana(http://cantigi.wordpress.com)
    walaaaa.. mw nyoba ikutan tapi aq-nya malah ga mudeng, hikz,, btw tetep seneng bisa ngasi coment disini.
    disini bahasanya tingkat tinggi smua, masalah compt aq familiarnya windows aja hehe.. yg lain masi o'on malah ga tau jg.
    matur nuwun.. permisi..

  42. Comment by dani on January 13, 2009 at 03:30:48
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - memulai bisnis online:
    makin banyak linux yg cukup klik aja skrg :D

    - ika:
    namanya ika bagus :) salam kenal..
    nah yg sulit itu justru pake bahasa awam, krn perlu pendalaman lg :D kapan2 ya..
    kl nulis di blog kan bakal banyak yg ngevaluasi
    silakan diperbaiki kl ada yg kurang

  43. Comment by anggriawan on January 13, 2009 at 20:37:46
    using Firefox 3.0.5 on Ubuntu 8.10

    salah satu alasan utama saya memilih suatu distro adalah faktor support, baik dari vendor maupun komunitas..

    gimana tuh menurut mas? tidak kurang adil kan? :)

    btw, mas kena tag di blog saia.. :P hehehe..

  44. Comment by Dani Iswara on January 14, 2009 at 07:19:19
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - anggriawan:
    selain pengiriman cd gratis, support lainnya hampir sama bagusnya kayaknya cmiiw :)

  45. Comment by cantigi™ on January 14, 2009 at 08:42:14
    using Firefox 2.0.0.18 on Windows XP

    mas dani, saya cuma pengen bilang, makasih udah mau jadi sahabat saya ya.. ^_^

  46. Comment by riesurya on January 14, 2009 at 18:44:38
    using Firefox 3.0.5 on Windows XP

    sulit memang membandingkan antar distro. tiap distro kan punya sejarah dan alasan sendiri-2. kalo perbandingannya antar rilis (distro yg sama bisa aja).
    buat saya selama bisa dipakai dengan mudah dan tidak menyusahkan penggunanya maka tiap distro bakalan punya pengikut masing-2, misalnya saya selaku penganut distro GUI-Linux (blom ada kan.., Linux yang ada GUI modenya ;) ).
    so, mau pakai Mandrake (kencan pertama dengan Linux, atau RedHat,Debian ataupun Suse dll kembali ke pengguna.
    mau dibikin apa Linux-nya, kalo mau cepat ya compile sendiri kernelnya, mau dibikin bioskop juga bisa, jadi perbandingan apple to apple-nya makin luas dan bias, dan daripada psing mendingan dimanfaatkan aja yang ada. Peace

  47. Comment by dani on January 14, 2009 at 21:33:00
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - riesurya:
    saya pernah terjerumus memuja salah satu distro yg sedang saya icip2..tiap ganti, ganti pujannya jg :D
    akhirnya rasanya krg lebih sama.. :D sama linux-nya

  48. Comment by Odie on January 15, 2009 at 21:11:29
    using Google Chrome 1.0.154.43 on Windows XP

    trims infonya mas..
    masih webie linux nih...

    ikutan 2nd IBSN Award.. bulan ini pendaftaran teakhir tgl 25 jan ‘ 09 jam 23.59 wib
    Kami tunggu yah... IBSN (Berbagi Tak Pernah Rugi)

  49. Comment by gnine on January 18, 2009 at 03:19:12
    using Firefox 3.0.5 on GNU/Linux

    Kalo ngebandingin antar distro itu gak ada abisnya pak Dokter... Kalo saya cenderung cari yg 'it works!'
    Saya sendiri prefer pake slackware, krn kebutuhan saya terpenuni semuanya... Utk dual/multiboot skrg cenderung saya tinggalin... krn gak efektif __bagi saya__... Saya lebih memilih pake _VirtualBox_, jadi tetep dpt OS lain tapi gak perlu booting ulang...

    Utk newbie saya lebih nyaranin pake Ubuntu atau BlankOn atau distro yg selalu bilang inilah distro yg paling _user_friendly_... walau secara pribadi saya kurang sreg krn ketika ada yg kurang lagi2 kita harus apt-get, yum, zypper dll yg mengharuskan koneksi internet.

    Kalo ngandalin internet (update/upgradde online) hihihi jujur ajah di Indonesia linux gak bakalan menarik.. ujung2nya ada yg bilang mo dengerin mp3 ajah koq ribet banget sih...

    "Besides, I think Slackware sounds better than 'Microsoft,' don't you?" (By Patrick Volkerding)

  50. Comment by Dani Iswara on January 18, 2009 at 04:40:24
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - gnine:
    yg ‘it works!’ pun bs beda persepsinya pak :D

    Saya sendiri prefer pake slackware, krn kebutuhan saya terpenuni semuanya…

    tuh kan..beda..buat saya slackware ngga 'it works' :)

    walau secara pribadi saya kurang sreg krn ketika ada yg kurang lagi2 kita harus apt-get, yum, zypper dll yg mengharuskan koneksi internet

    paket development default (gcc, dll) ngga selengkap slackware ya pak :D mana di cds/dvd kan dah lengkap tuh slacky (ngebandinginnya ke distro yg itu sih..)

    ujung2nya ada yg bilang mo dengerin mp3 ajah koq ribet banget sih…

    ini sih peninggalan budaya mp3 bajakan :D cmiiw
    cb maklum bahwa format mp3 tdk sebebas itu..

    “Besides, I think Slackware sounds better than ‘Microsoft,’ don’t you?” (By Patrick Volkerding)

    tuh kan..padahal slackware 'ribet' (ribet dlm bahasa awam saya lho pak) jg kan pak kl upgrade sistem manual tanpa slackpkg ato install paket yg dependensinya banyak (mis. inkscape) cmiiw

    tp tetep salut buat slackware
    bbrp pertanyaan linux yg mendasar biasanya dijawab lancar oleh slackers krn mrk mau ngga mau belajar jeroannya linux generik :D

  51. Comment by ika di mahardhika dewi on January 18, 2009 at 05:12:00
    using Firefox 2.0.0.6 on Windows XP

    Trimakasi pak dokter...
    sudah meluangkan waktunya mau berkunjung ke blog ika yg masi sederhana :)
    maaaahaap coment ika masi ga sesuai topik.
    masi ga tlalu paham he5

  52. Comment by co-that on January 19, 2009 at 06:04:38
    using Firefox 3.0.5 on Mac OS X 10.5

    satu Quote dari komunitas OpenSource yang sangat berpengaruh bukan hanya dalam kehidupan IT ku tapi juga kehidupan sosialku "Software yang bagus adalah software yang memenuhi kebutuhan user yang memakainya, bukan kebutuhan semua user", ini juga mejadi peganganku untuk tidak konsomtif dalam membeli sesuatu :) berusaha membeli barang berdasarkan kebutuhan :D "Hidup itu murah, Gaya hidup itu yang mahal"

    penggunaan sebuah distro atau lebih luas lagi OS itu harus sesuai dengan kebutuhan penggunanya... jangan asal ikut2an atau fanatis2an gak jelas! ada yang sampai menjelek2an suatu "karya" (karena software itu pun bagai sebuah karya seni creatornya) yang harusnya kita hargai (pa lagi yang jelek2kan cuma user baru yang ikut2an dan baru bisa membuat buku tamu aja udah ngerasa berhak mengkritik sebuah OS hahahah *lucu*) Jangan hanya terikat pada sebuah OS baik itu windows, linux mac atau apapun. karena pada kenyataannya semuanya mengagumkan!! bermula dari usaha dan perjuangan creator2nya!

    semoga kita lebih pintar memilih dan tidak menjadi fanatis berlebih dan konsumtif

  53. Comment by Dani Iswara on January 19, 2009 at 06:24:26
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - co-that:
    sori mas, moderasi td..
    quote yg menarik dan manusiawi :)
    kl user baru sih maklum..tp biasanya kan user lama yg fanatik :D
    jd pengen nyicip semua OS

  54. Comment by Mr. Molavi Arman on January 23, 2009 at 22:27:22
    using Firefox 3.0.4 on GNU/Linux

    justru orang yang kenal linux itu harus kenal slackware dulu, disitu pikiran di didik, karena slackware adalah disto yang paling tua, dan punya karaktek linux yang sesungguhnya. Walaupun setelah dipelajari, akan meninggalkan slackware karena linux memenuhi kepentingan dan kebutuhan penggunanya sesuai selera , intinya "gue banget".

  55. Comment by Dani Iswara on January 24, 2009 at 04:16:09
    using Firefox 3.0.5 on Gentoo

    - Mr. Molavi Arman:
    thank you for drop by sir :D
    pas pertama nyoba suse (skrg opensuse), saya yakin itu yg terbaik,
    pas pake ubuntu, saya pernah blg ini yg terbaik (ada di posting lama)..
    trus pindah fedora, fedora rasanya slalu yg terbaik..
    tp pas make slackware,..semua pendapat mulai berubah.. :D slackware bukan yg terbaik (utk semuanya), tp kebetulan aja pas (buat belajar) waktu itu..
    ampe make gentoo, ternyata emang ngga ada yg terbaik..adanya distro linux yg tepat pengguna..begitulah kira2..cmiiw

    tp saya slalu respect ama distro lain dan slackware beserta komunitasnya..pd jempol semua dah.. :D apalg slackers makassar..wow banget pokoknya...

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback by gnine@gunter:~$ » Kompilasi Inkscape on January 21, 2009 at 01:46:42
    WordPress 2.7

    [...] komentar mas Dani di blognya (bagian akhir komentarnya) tentang ketergantungan paket saat kompilasi Inkscape dan sehubungan dengan postingan mas Puguh [...]

Sorry, for some reasons (sometimes due to sp*ms attack), the comment form is closed at this time. If You have any suggestions, please contact me. Thank you.

Dani Iswara .Net

Return to TOP
›› Older entries: Loncat Pikir Internet, Lisensi, Praktik Dokter, Linux
‹‹ Newer entries: Tips Browsing Hemat Kuota Internet